Bagaimana Cara Perawatan Gigi Palsu Implan yang Aman?

Implan gigi menjadi salah satu tindakan yang dilakukan untuk menggantikan gigi ompong atau tanggal. Gigi implan ialah gigi palsu yang dipasang pada gusi, namun bisa bertahan dalam waktu lama dan permanen. Dilihat dari faktor kenyamanan, memiliki gigi implan jauh lebih nyaman dibandingkan gigi palsu yang bisa copot sewaktu-waktu. Perawatan gigi palsu implan yang aman perlu diperhatikan supaya kesehatan tetap terjaga dengan baik. Berikut cara merawat gigi palsu implan.

Gosok Gigi Dua Kali Dalam Sehari

Anda perlu menggosok gigi sehari dua kali secara rutin, terutama setelah makan. Jangan pilih pasta gigi yang ada keterangan untuk memutihkan, cukup gunakan jenis pasta gigi biasa. Alasannya ialah pasta gigi seperti itu mengandung zat yang sangat keras sehingga bisa merusak lapisan luar gigi palsu. Kemudian, sikat gigi dengan hati-hati dan lembut.

Jangan Makan Makanan yang Mengandung Banyak Gula

Tidak seperti gigi asli, gigi implan tidak bisa berlubang. Meskipun begitu, gigi implan bisa ditempeli plak atau karang gigi. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari makan makanan yang mengandung banyak gula karena jenis makanan ini dapat membuat plak gigi bertambah parah. Selain itu, makanan manis juga tidak bagus untuk kesehatan gusi.

Periksa ke Dokter Secara Rutin 6 Bulan Sekali

Tanam gigi atau implan gigi perlu pemeriksaan secara rutin seperti gigi biasa. Dokter gigi akan memeriksa kondisi gigi implan dan gigi biasa Anda. Sebenarnya, pemeriksaan gigi implan bisa dilakukan dalam waktu 3 tahun sekali. Namun, semakin sering melakukan pemeriksaan akan semakin bagus.

Implan gigi atau gigi palsu permanen tahan berapa lama? Bagian akar bisa bertahan selama seumur hidup apabila tidak ada keluhan seperti infeksi. Namun, bagian mahkota gigi bisa bertahan dalam waktu 10 hingga 15 tahun. Oleh sebab itulah, Anda perlu menjaga kebersihan. Apabila Anda memiliki gigi tanggal karena suatu hal tertentu, tidak ada salahnya melakukan tanam gigi. Anda tak perlu takut untuk melakukan proses pemasangan implan karena dokter gigi akan memberikan anestesi lokal sehingga tidak terasa sakit. Hanya saja, setelah proses pemasangan selesai Anda akan merasa kurang nyaman. Namun semua itu bisa diatasi dengan menggunakan obat.

Copyright © 2019 Star Dental Studio