Begini Cara Penanganan Sakit Gigi Karena Gigi Berlubang

Sakit gigi karena masalah gigi berlubang sangat menyiksa dan bahkan bisa membuat Anda sakit kepala yang tidak tertahankan. Perawatan gigi berlubang tidak boleh sembarangan dan tidak bisa dicabut begitu saja karena akan menyebabkan kerusakan syaraf di bagian lainnya atau mengakibatkan pendarahan. Penanganan sakit gigi karena gigi berlubang dapat juga dilakukan dengan cara mengkonsumsi obat sakit gigi berlubang dan ngilu. Namun jika tidak kunjung reda, Anda harus pergi ke dokter sesegera mungkin.

Cara Penanganan Sakit Gigi Karena Gigi Berlubang

Berikut ini adalah cara yang bisa digunakan untuk penanganan sakit gigi karena gigi berlubang.

  1. Memberikan fluoride

Apabila lubang di gigi masih tergolong kecil, Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan fluoride agar enamel gigi bisa pulih dari kerusakan. Fluoride ini ada beraneka macam jenis yaitu berbentuk cair, gel, busa atau pernis yang digosokkan ke bagian gigi dalam beberapa menit. Saat ini kita juga telah diuntungkan dengan adanya banyak produk pasta gigi yang mengandung fluoride.

  1. Menambal gigi

Penambalan gigi ini yang paling sering digunakan untuk mengatasi gigi berlubang. Cara konvensionalnya biasanya dilakukan dengan melakukan pengeboran untuk membuang bagian gigi yang rusak dan menambalnya dengan zat seperti emas, perak, resin komposit ataupun por. Hal yang baru dan lebih bagus lagi adalah dengan menambal gigi menggunakan laser  yang lebih aman, minim rasa sakit dan awet.

  1. Membuat crown gigi

Untuk gigi yang memiliki tingkat keparahan tinggi, dokter akan menyarankan untuk membuat crown gigi. Tujuannya adalah untuk mengganti mahkota alami gigi.

  1. Perawatan saluran akar gigi

Perawatan ini dilakukan saat pembusukan sudah sampai di bagian pulpa ataupun syarafnya sudah mati. Yang dilakukan adalah membuang jaringan syaraf dan juga pembuluh darahnya. Setelah semuanya bersih, crown akan ditambahkan dan Anda tidak perlu mencabut gigi.

  1. Cabut gigi

Saat bagian gigi yang busuk sudah sangat parah, mau tidak mau gigi harus dibuang dengan melakukan pencabutan. Namun pencabutan gigi ini juga harus dengan mempertimbangkan keadaan pasien. Biasanya dokter tidak ingin mengambil resiko mencabut gigi pada orang yang tekanan darahnya tinggi atau memiliki beberapa potensi penyakit lain yang berhubungan dengan syaraf.

Bila Anda tidak mau lagi gigi yang lainnya ikut sakit karena berlubang, mulailah memiliki kesadaran diri dalam merawat kesehatan. Melakukan penanganan sakit gigi karena gigi berlubang dan menahan sakitnya bukanlah hal yang mudah karena dapat menganggu Anda dalam beraktifitas. Biasakan diri untuk menggosok gigi setetlah makan dan memeriksakan gigi secara rutin.

Copyright © 2019 Star Dental Studio